Seberapa pentingkah peran ayah dalam membesarkan anak?

Seberapa pentingkah peran ayah dalam membesarkan anak?

istock 000006590346xsmall Seberapa pentingkah peran ayah dalam membesarkan anak?Pentingnya Peran Ayah Dalam Membesarkan Anak

Mengasuh anak dan membesarkan mereka memang tidaklah mudah. Peran kedua orang tua sangat berarti bagi mereka. Tidak hanya dari seorang ibu, meskipun ibu yang mengandung dan melahirkan. Peran seorang ayah juga sangat penting karena tanpa keseimbangan peran ibu dan ayah maka dikhawatirkan anak akan tumbuh tidak sesuai dengan harapan kita. Nah seberapa pentingkah peran ayah dalam membesarkan anak? Pertanyaan seperti ini sering kali terlintas dalam benak orang tua.

Apakah peran ayah memang sebegitu krusialnya bagi pertumbuhan seorang anak mengingat ada banyak sekali ayah yang tidak ingin terlibat dan menganggap urusan anak adalah urusan seorang ibu. Selama ini banyak sekali ayah yang menganggap bahwa tugas utama mereka adalah mencari nafkah dan mencukupi kebutuhan anak dan istri secara materi.

Memang mencari nafkah adalah kewajiban seorang ayah tetapi bukan melulu tentang materi saja. Hal ini perlu diperhatikan karena memang sangat krusial dalam mendidik anak. Ada beberapa hal yang memang ibu mungkin kurang maksimal dalam mengarahkan dan mendidik anak dan inilah yang mungkin menjadi bagian dari peran seorang ayah untuk mendidik anak. Figur seorang ayah tentunya sangat penting dalam perkembangan anak.
Seorang anak tidak hanya membutuhkan materi karena selain itu mereka juga membutuhkan perhatian, kasih sayang, pola didik yang baik, dan juga keterlibatan orang tua dalam setiap hari-harinya. Seorang ayah bisa masuk dalam setiap kegiatan yang dilakukan anak. Selain mendampingi, tugas seorang ayah juga adalah untuk menjadi pemimpin yang baik yang bisa dicontoh oleh seorang anak. Banyak sekali ayah yang pulang hanya untuk beristirahat dan tidak mau peduli dengan apa yang anaknya sedang lakukan dan bagaimana hari-harinya disekolah. Mereka terlalu sibuk dengan pekerjaan dan juga urusan lain selain anak.

Kurangnya komunikasi antara ayah dengan anak tentu sangat tidak baik bagi kondisi mental sang anak. Bahkan ada beberapa anak yang memiliki rasa segan dan takut kepada ayahnya karena kurangnya komunikasi. Memang citra seorang ayah haruslah seorang yang tegas sehingga anaknya selalu memperhatikan ketika mereka dinasihati dan dibimbing. Tetapi jika hanya ditakuti, maka ini adalah salah satu kesalahan dalam mendidik anak.

Seorang ayah seharusnya bisa menjadi tempat berlindung untuk anak. Komunikasi sendiri bisa dibangun dengan cara mengobrol, mendongeng, menanyakan hari-harinya disekolah dan senantiasa menanyakan hasil belajarnya disekolah. Interaksi seperti inilah yang seharusnya dibangung oleh ayah kepada anak sehingga anak akan senantiasa rindu sang ayah setiap hari.
Nah, jika anda masih mempertanyakan seberapa pentingkah peran ayah dalam membesarkan anak? Jawabannya adalah penting sekali dan bahkan sangat krusial. Buat anda yang sudah berumah tangga, tentu anda harus mengevaluasi lagi cara didik anda apakah peran ayah sudah terlaksana ataukah belum. Untuk yang belum berumah tangga, ada baiknya anda dan pasangan mendiskusikan sejak dini tentang cara mendidik anak agar kedepannya lebih baik dan harmonis.

Anja Ulf
Tentang Anja Ulf 67 Articles
Sangat mudah untuk mengenal orang yang terbuka seperti Talitha Bansin, tetapi kebanyakan tahu bahwa di atas segalanya dia energik dan obyektif. Tentu saja dia juga blak-blakan, terhormat dan heroik, tetapi mereka kurang menonjol dan sering terjalin dengan obsesif juga . energinya, ada apa yang sering dia kagumi. Orang sering mengandalkan keterampilan organisasi dan organisasinya setiap kali mereka membutuhkan bantuan atau bantuan. Tidak ada yang sempurna tentu saja dan Talitha memiliki suasana hati yang busuk dan hari-hari juga. ketidakjujuran dan keegoisannya menimbulkan banyak masalah, sangat mengganggu orang lain. Untungnya, obyektivitasnya biasanya melunakkan yang terburuk.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*