Miliki Postur Tubuh Yang Bagus Dengan Tulang Sehat

Miliki Postur Tubuh Yang Bagus Dengan Tulang Sehat

istock 000010024465xsmall Miliki Postur Tubuh Yang Bagus Dengan Tulang SehatPenyebab struktur tulang  tidak benar adalah postur tubuh yang buruk karena memberikan tekanan pada tulang.  Aktivitas seperti berdiri, duduk, mengangkat barang, berolahraga, jika tidak benar melakukannya, bisa membuat bentuk tubuh dan postur tidak sedap dipandang.  Namun, bila tulang tidak kokoh akibat kepadatan kalsiumnya rendah, sulit juga menjaga postur tubuh yang tegak.

Bagaiman cara memiliki postur tubuh yang tegak dan tulang yang kuat?

1. Penuhi kebutuhan kalsium

Sekitar 99 persen kalsium di dalam tubuh tersimpan di dalam tulang dan gigi yang mendukung struktur dan fungsi tulang serta gigi di tubuh kita.  Itu sebabnya, kebutuhan kalsium harus terpenuhi setiap hari.  Untuk memiliki simpanan kalsium dengan kepadatan yang cukup di dalam tulang, pasokan tentu harus dilakukan sejak muda.

Sejak dalam kandungan hingga sepanjang usia, kebutuhan kalsium mesti dipenuhi.

Kebutuhan harian kalsium adalah 800 mg untuk dewasa di atas 25 tahun dan 1.000 mg setelah usia 50 tahun. Ibu hamil dan menyusui harus mengkonsumsi 1.200 mg kalsium per hari.  Supaya penyerapannya maksimal, konsumsi tersebut harus dibarengi dengan vitamin D.  Bagi mereka yang terkena osteoporosis dianjurkan untuk mengonsumsi kalsium sebanyak 1.200-1.500 mg/hari bersama dengan 400-800 IU vitamin D per hari. Dengan terpenuhinya kebutuhan kalsium ini mendukung upaya terapi  terhadap osteoporosis yang sedang dilakukan misalnya terapi hormon.

Sumber kalsium dapat diperoleh dari:

  • Sayuran berdaun hijau, seperti brokoli, bayam, sawi, daun singkong, daun pepaya, dan kangkung
  • Jeruk, membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan tulang
  • Kacang almond, mengandung kalsium dan vitamin E yang tinggi

Agar penyerapan kalsium optimal, diperlukan vitamin D yang cukup.  Keseimbangan asam-basa di dalam tubuh harus dijaga agar tulang tidak berdampak buruk pada kesehatan tulang.  Sebaiknya hindari konsumsi soda, keju,  kafein dan garam dalam jumlah yang tinggi.

2. Olahraga

Gaya hidup sehat seperti tidak merokok, tidak menonsumsi alkohol, dan olahraga teratur membantu meningkatkan kesehatan tulang.  Wanita dan laki-laki berusia muda yang berolahraga secara teratur umumnya mampu mencapai puncak massa tulang (kepadatan dan kekuatan tulang maksimum) daripada mereka yang tidak melakukan olahraga sama sekali.

Beberapa jenis olahraga yang bisa dipertimbangkan diantaranya adalah aerobik, yoga, atau latihan beban.  Yang dimaksud olahraga beban antara lain jalan kaki, joging, lari, tenis, naik tangga, menari, dan latihan dambel.

Untuk orang dewasa dianjurkan berolahraga setidaknya 30 menit, 4-5 kali seminggu, sedangkan anak-anak sebaiknya berolahraga 60 menit, 4-5 kali seminggu.

3. Suplemen kalsium

Di Indonesia, masyarakat yang mengonsumsi kalsium masih tergolong rendah.  Di negara maju sekalipun hanya sekitar 50-60 persen kebutuhan kalsium yang terpenuhi.  Menu harian seperti sayuran hijau dan makanan laut memang memberi pasokan kalsium tinggi, tetapi seringkali dari asupan harian saja tidak cukup.   Karena itu, agar tabungan kalsium di dalam tulang terpenuhi, tambahan dari suplemen bisa dipertimbangkan.

Yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi suplemen kalsium adalah :

  • Memilih suplemen kalsium

Faktor yang dipertimbangkan ketika memilih suplemen kalsium adalah jumlah elemen kalsium yang dikandung. Elemen kalsium menunjukkan jumlah kalsium dalam suplemen yang tersedia untuk diserap tubuh.  Cara yang paling mudah untuk menentukan jumlah elemen kalsium dalam suplemen adalah dengan melihat label Fakta Nutrisi (Nutrition Facts).

Hindari suplemen kalsium mengandung elemen pembentuk tulang atau dolomite. Produk-produk ini dapat mengandung zat beracun, seperti timah, merkuri, arsenik. Jangan terpukau dengan tablet kalsium dengan ikatan khelat. Produk tersebut lebih mahal dan tidak memiliki kelebihan dibandingkan tipe lain kalsium.

  • Kapan waktu yang tepat untuk minum kalsium

Waktu terbaik untuk minum suplemen kalsium tergantung pada jenis kalsium yang dikandung suplemen.  Suplemen kalsium terbaik adalah kalsium sitrat dan kalsium karbonat, karena suplemen tersebut mudah didapat, mengandung kalsium elemental kalsium dalam jumlah besar, dan dapat terlarut dengan baik di dalam tubuh.  Kalsium karbonat harus diminum bersama makanan. Hal ini disebabkan asam lambung dapat meningkatkan penyerapan kalsium karbonat. Kalsium sitrat tidak perlu diminum bersama makanan. Tidak masalah berapa kali sehari minum berbagai bentuk kalsium.

Suplemen kalsium dapat mengganggu penyerapan beberapa obat seperti suplemen besi, beberapa antibiotik dan obat tekanan darah. Berdasarkan alasan inilah, anda sebaiknya tidak minum suplemen kalsium bersamaan dengan obat-obat tersebut.

Dengan konsumsi kalsium yang cukup dan terserap secara optimal, upaya memiliki postur tubuh yang bagus akan lebih mudah dan akhirnya penampilan tampak lebih menawan.

Anja Ulf
Tentang Anja Ulf 67 Articles
Sangat mudah untuk mengenal orang yang terbuka seperti Talitha Bansin, tetapi kebanyakan tahu bahwa di atas segalanya dia energik dan obyektif. Tentu saja dia juga blak-blakan, terhormat dan heroik, tetapi mereka kurang menonjol dan sering terjalin dengan obsesif juga . energinya, ada apa yang sering dia kagumi. Orang sering mengandalkan keterampilan organisasi dan organisasinya setiap kali mereka membutuhkan bantuan atau bantuan. Tidak ada yang sempurna tentu saja dan Talitha memiliki suasana hati yang busuk dan hari-hari juga. ketidakjujuran dan keegoisannya menimbulkan banyak masalah, sangat mengganggu orang lain. Untungnya, obyektivitasnya biasanya melunakkan yang terburuk.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*