Kenali Jenis-Jenis Penyakit Jantung

Kenali Jenis-Jenis Penyakit Jantung

kenalipenyakitjantung Kenali Jenis Jenis Penyakit Jantung Jantung adalah organ yang sangat penting bagi makhluk hidup. Bayangkan, tanpa jantung tentu kita tidak akan dapat bertahan hidup. Jantung yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh menjadi organ yang sangat penting. Begitu jntung berhenti berdetak, maka akan ada sel-sel tubuh kita yang yang mati yang akan dapat mengakibatkan dampak fatal bagi kita. Tentu saja kita harus menjaga jantung kita. Ada banyak jenis penyakit yang mengincar jantung kita. Mungkin anda sudah mengenal penyakit jantung koroner. Namun ternyata, penyakit jantung koroner bukanlah satu-satunya penyakit yang dapat menyerang jantung. Jenis penyakit jantung ternyata bermacam-macam. Kita akan membahas beberapa penyakit yang dapat menyerang jantung kita.

Penyakit jantung koroner. Penyakit ini pasti sudah sering anda dengar. Penyakit jantung koroner dapat terjadi karena penyumbatan pembuluh artire koroner oleh lemak sehingga  pembuluh darah yang memasok oksigen ke jantung menjadi tersumbat. Hal ini sangat berbahasa sebab dapat menyebabkan jantung kita kekurangan oksigen dan juga nutrisi dan dapat berakibat fatal jika terjadi serangan jantung.

Kardiomiopati. Penyakit ini disebut juga penyakit otot jantung yang disebabkan karena menurunnya fungsi otot jantung atau miokardium sehingga dapat berakibat gagal jantung. Yang menjadi penyebab menurunya fungsi otot jantung adalah kebiasaan minum alkohol, penyumbatan, dan radang pada otor jantung. Gejala penyakit ini meliputi irama jantung yang tidak normal, pembengkakan di kaki dan juga kelelahan.

Penyakit jantung Iskemik. Penyakit ini dapat terjadi karena adanya penyumbatan aliran darah ke jantung. Anda harus mewaspadai penyakit ini jika anda mengalami beberapa tanda-tanda seperti nyeri pada bagian tengah dada dan juga lengan kiri, kekencangan di dada, berkeringat dan adanya penebalan pada tendon Achiles.

Gagal jantung. Gagal jantung termasuk suatu keadaan yang ditakuti sebab dapat berakibat fatal. Gangguan ini dapat dibedakan menjadi dua yaitu gagal jantung sistolik dan juga gagal jantung diastolik. Beberapa tanda yang menyertai gagak jantung adalah sesak napas, kelelahan, buang air kecil di malam hari, nyeri di dada dan adanya gangguan fungsi hati.

Penyakit jantung hipertensi. Seperti namanya, tentu anda sudah dapat menduga bahwa penyakit ini ada hubungannya dengan penyakit hirpetensi. Memang benar. Penyakit jantung hipertensi terjadi karena adanya tekanan darah yang tinggi. Salah satu tanda-tanda penyakit ini adalah rasa nyeri di dada dan juga jantung berdebar-debar. Selain itu penderita biasanya mengalami sesak napas.

Penyakit jantung inflamasi. Penyakit ini dapat terjadi karena adanya peradangan pada otot jantung atau jaringan di sekitarnya. Penyebab peradangan ini bisa berupa infeksi atau adanya serangan virus.

Penyakit katup jantung. Dalam jantung terdapat katup-katup yang mengatur aliran darah dari dan ke jantung. Bisa jadi katup jantung ini bermasalah sehingga mengakibatkan aliran balik dan menyumbat aliran darah di jantung. Gejala gangguan katup jantung meliputi rasa nyeri di dada selain itu jantung berdebar keras dan serangan batuk yang tiba-tiba, kadang-kadang disertai sesak napas dan perubahan tekanan darah.

Itulah beberapa jenis penyakit jantung yang dapat menyerang jantung kita. Seberanya semua penyakit tersebut dapat dicegah jika kita selalu hidup sehat. Jaga pola hidup anda dengan cara mengurangi konsumsi makanan instant dan memperbanyak konsumsi berbagai macam makanan dengan nilai gizi yang seimbang maka penyakit akan menjauh dari kita.

Anja Ulf
Tentang Anja Ulf 67 Articles
Sangat mudah untuk mengenal orang yang terbuka seperti Talitha Bansin, tetapi kebanyakan tahu bahwa di atas segalanya dia energik dan obyektif. Tentu saja dia juga blak-blakan, terhormat dan heroik, tetapi mereka kurang menonjol dan sering terjalin dengan obsesif juga . energinya, ada apa yang sering dia kagumi. Orang sering mengandalkan keterampilan organisasi dan organisasinya setiap kali mereka membutuhkan bantuan atau bantuan. Tidak ada yang sempurna tentu saja dan Talitha memiliki suasana hati yang busuk dan hari-hari juga. ketidakjujuran dan keegoisannya menimbulkan banyak masalah, sangat mengganggu orang lain. Untungnya, obyektivitasnya biasanya melunakkan yang terburuk.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*