8 Manfaat Jambu Biji Yang Harus Anda Ketahui

Jambu biji, atau yang bernama latin Psidium guajava L ini memiliki banyak manfaat karena kandungan gizinya yang tinggi.  Jambu biji kaya akan kalsium, kalium, zat besi, asam folat, vitamin A, B, C. Juga kaya akan serat.

Kandungan vitamin C pada jambu biji, 2 kali lebih banyak di bandingkan dengan vitamin C pada jeruk manis.  Jambu biji berukuran sedang mengandung empat kali lebih banyak vitamin C dan betakroten dibandingkan dengan satu buah jeruk. Kandungan vitamin C terbanyak ketika jambu biji akan matang, yaitu terdapat pada kulit dan daging buah dari jambu biji ini.

Manfaat Jambu Biji

1. Menurunkan berat badan

Kandungan serat dan vitamin, jambu biji membantu menurunkan berat badan.  Karena kandungan serat ini akan membuat Anda cepat kenyang, sehingga Anda tidak akan makan terlalu banyak.https://dmfpolska.eu/detoxic-opini-tentang-persiapan-parasit.html

2. Kulit bebas jerawat

Astringen dalam jambu biji meningkatkan kualitas tekstur kulit.  Jambu biji juga memiliki zat antipenuaan dan membantu menghilangkan jerawat, sehingga kulit terlihat lebih cerah dan sehat.

3. Menurunkan kolesterol

Jambu biji memiliki kandungan pektin yang merupakan serat larut air. Dengan adanya pektin, manfaat jambu biji juga dapat menurunkan kolesterol.

4. Mengobati diare

Adanya kandungan astringen, zat kimia yang akan menyusutkan jaringan tubuh. . Selain itu daun jambu biji juga mengandung zat antibakteri sehingga bisa mencegah pertumbuhan bakteri saat terkena disentri. Pembunuh bakteri lain dalam buah ini adalah karetinoid, vitamin C dan potasium.  Ekstrak daun jambu biji terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare yaitu Staphylococcus aureus dan E. coli.

5. Mengusir Flu

Ketika sakit flu, makanlah jambu biji.  Kandungan zat besi dan vitamin C dalam jambu biji terbukti menyingkirkan virus flu.  Jambu biji juga membantu mencairkan lendir dan bertindak sebagai disinfektan di dalam saluran pernapasan.

6. Menurunkan gula darah

Buah dan daun jambu biji bisa membantu menurunkan kadar gula darah sehingga bisa dijadikan herbal untuk diabetes. Jambu Biji juga meningkatkan produksi hormon Insulin. Insulin merupakan hormon yang berfungsi untuk merubah gula dalam darah menjadi gula otot sehingga tidak ada kelebihan gula dalam darah.

 7. Mencegah sembelit

Karena kaya serat, jambu biji adalah obat pencahar yang ampuh.  Jadi, Anda tidak akan mengalami sembelit dan fungsi saluran pencernaan pun tetap optimal.

8. Meningkatkan asupan antioksidan

Kulit dan biji jambu biji sangat kaya akan antioksidan alami.  Di antara antioksidan tersebut adalah likopen, yang melindungi tubuh dari penyakit kanker.

Anja Ulf
Tentang Anja Ulf 70 Articles
Sangat mudah untuk mengenal orang yang terbuka seperti Talitha Bansin, tetapi kebanyakan tahu bahwa di atas segalanya dia energik dan obyektif. Tentu saja dia juga blak-blakan, terhormat dan heroik, tetapi mereka kurang menonjol dan sering terjalin dengan obsesif juga . energinya, ada apa yang sering dia kagumi. Orang sering mengandalkan keterampilan organisasi dan organisasinya setiap kali mereka membutuhkan bantuan atau bantuan. Tidak ada yang sempurna tentu saja dan Talitha memiliki suasana hati yang busuk dan hari-hari juga. ketidakjujuran dan keegoisannya menimbulkan banyak masalah, sangat mengganggu orang lain. Untungnya, obyektivitasnya biasanya melunakkan yang terburuk.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*