Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Batuk Kering Dengan Bahan Alami

Batuk dapat disebabkan karena berbagai faktor baik internal maupun eksternal. Beberapa faktor dari luar yakni seperti karena adanya asap, debu, serta kondisi linkungan sekitar. Sedangkan faktor dari dalam yakni seperti mengidap penyakit tertentu, karena adanya lendir, mengkonsumsi makanan tertentu dan lain sebagainya. Tahukah ladies, sebenarnya batuk bukan merupakan penyakit lho, jadi lebih tepatnya batuk merupakan salah satu gejala adanya suatu penyakit. Selain itu batuk juga merupakan sebuah mekanisme pertahanan tubuh kita yang berada pada saluran pernapasan.

Berdasarkan waktu derita, batuk dapat dibedakan menjadi 2 jenis yakni batuk akut dan batuk kronis. Apabila batuk terjadi selama kurang dari 14 hari maka batu tersebut disebut dengan batuk akut. Sedangkan batuk kronis yakni batuk yang terjadi secara berulang-ulang dan biasanya batuk jenis ini lebih banyak diderita anak-anak.

Untuk mengobatinya ladies dapat mencoba beberapa cara alami yang akan diberikan kali ini. Selain terbukti efektif, keuntungan menggunakan cara ini yakni lebih aman dan sehat. Berbeda dengan jika ladies menggunakan obat yang mengandung bahan kimia, pasti akan memberikan efek samping pada kesehatan. Langsung saja yuk simak cara mengobati batuk secara alami berikut ini.

Cara Mengobati Batuk Berdahak

Menggunakan Jahe dan Kencur
Rempah-rempah tersebut sangat efektif dalam mengobati batuk berdahak. Cara membuat racikannya juga mudah, yakni dengan merebus irisan jahe dan kencur secukupnya kedalam 2 gelas air sampai mendidih dan minum air rebusan tersebut saat sudah hangat. Ladies dapat mengkonsumsinya sebanyak 2 kali dalam sehari.

Jeruk Nipis dan Madu
Jeruk nipis dan madu biasanya digunakan dalam produk minuman yang dapat mengatasi panas dalam. Ternyata campuran kedua bahan alami tersebut juga dapat mengobati batuk berdahak lho. Caranya yakni dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan madu secukupnya. Setelah itu minum ramuan tersebut, ladies dapat mengkonsumsinya 2-3 kali sehari.

Jahe dan Daun Sirih
Jika ladies ingin menggunakan kedua bahan alami ini, caranya yakni siapkan 7 lembar daun sirih dan potongan jahe secukupnya, setelah itu rebus kedalam 2 gelas air sampai mendidih. Setelah mendidih jangan langsung diangkat, tapi tunggu dulu sampai air tersisa 1 gelas saja. Setelah itu baru angkat dan saring untuk diambil airnya. Setelah hangat ladies dapat mengkonsumsi air rebusan tersebut.

Cara Mengobati Batuk Kering

Menggunakan Daun Kemangi
Daun kemangi biasanya digunakan sebagai lalapan makanan, namun siapa sangka ternyata lalapan ini juga berkhasiat mengobati batuk kering. Untuk mendapatkan khasiatnya rebuslah daun kemangi sebanyak 5-7 lembar dengan 1-2 gelas air sampai mendidih. Setelah mendidih lalu saring untuk mengambil airnya, minum setidaknya 1 kali sehari.

Belimbing Wuluh
Sayangnya sekarang jarang sekali ditemukan pohon belimbing wuluh, namun jika di lingkungan ladies ada bahan alami ini, cobalah gunakan untuk mengobati batuk kering. Caranya yakni dengan menghaluskan 5-10 belimbing wuluh dan mencampurkannya dengan 1 cangkir air matang, ladies juga dapat menambahkan sedikit garam. Setelah itu peras dan saring untuk mengambil airnya, minumlah air perasan tersebut 2 kali sehari.

Campuran Teh dan Jahe
Campuran kedua bahan alami tersebut juga cukup efektif dalam mengobati batuk kering. Ladies cukup membuat teh panas kemudian masukkan irisan jahe secukupnya. Saat sudah hangat langsung saja dikonsumsi, selain nikmat tentu air teh tersebut dapat mengobati batuk kering.

Gimana ladies? Mudah bukan cara mengobati batuk berdahak dan batuk kering secara alami tersebut. Silahkan terapkan salah satu dari beberapa cara diatas ya. Sekian dan terimakasih sudah berkunjung ke blog ini.

Anja Ulf
Tentang Anja Ulf 66 Articles
Sangat mudah untuk mengenal orang yang terbuka seperti Talitha Bansin, tetapi kebanyakan tahu bahwa di atas segalanya dia energik dan obyektif. Tentu saja dia juga blak-blakan, terhormat dan heroik, tetapi mereka kurang menonjol dan sering terjalin dengan obsesif juga . energinya, ada apa yang sering dia kagumi. Orang sering mengandalkan keterampilan organisasi dan organisasinya setiap kali mereka membutuhkan bantuan atau bantuan. Tidak ada yang sempurna tentu saja dan Talitha memiliki suasana hati yang busuk dan hari-hari juga. ketidakjujuran dan keegoisannya menimbulkan banyak masalah, sangat mengganggu orang lain. Untungnya, obyektivitasnya biasanya melunakkan yang terburuk.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*